SEJARAH PENDEKATAN STRUKTURAL TERAPI MINUCHIN



SEJARAH PENDEKATAN STRUKTURAL TERAPI MINUCHIN
Terapi keluarga struktural dapat ditemukan asal-usulnya jika kembali melihat pada tahun 1960an awal ketika Salvador Minuchin sedang melakukan terapi, pelatihan, dan penelitian di sekolah Wiltwyck for Boys di New York. Beberapa fase dari hidup Minuchin dapat disebut sebagai titik awal pembentukan terapi keluarga struktural.
Namun, pengalaman selama di Wiltwyck merupakan sebuah kalatisator yang kuat sebagai bagian dari terbentuknya konsep tersebut karena adanya kondisi lingkungan yang tidak biasa. Pertama-tama, Penghuni Wiltwyck terdiri dari gabungan anak laki-laki yang tidak teratur, memiliki multi-problem dan berasal dari keluarga yang miskin. Teknik psikoterapi tradisional dikembangkan besar-besaran untuk berusaha menangani masalah-masalah tersebut, namun peningkatan yang dicapai dengan pendekatan tersebut cenderung menghilang dan tidak berpengaruh ketika anak-anak kembali ke keluarga mereka. Fokus yang serius pada masalah kenakalan, baik yang berasal dari dalam diri sendiri atau yang merupakan hasil dari lingkungan, mendorong terbentuknya cara-cara alternatif lainnya.
Selanjutnya terkait dengan timing dari pengalaman yang dirasakan saat di Wiltwyck, yaitu bertepatan dengan pencetusan ide pada 1950an yang mengubah peran keluarga sebagai pusat dari proses tarapeutik dalam terapi. Pada awal 60-an, ide mengenai terapi kelurga cukup mencuri perhatian Minuchin dan rekan-rekannya dalam upaya pencarian jalan keluar bagi masalah kenakalan remaja. Kedatangan Braulio Montalvo di Wiltwyck seperti memberikan titik terang bagi mereka. Mereka akhirnya mengalihkan perhatian dari pembahasan intrapsikis mengenai kenakalan remaja kepada dinamika keluarga. Teknik khusus untuk melakukan diagnosis bagi masyarakat dengan status sosioekonomi rendah mulai dikembangkan (Minuchin & Montalvo, 1966, 1967) serta beberapa konsep yang kemudian menjadi pilar bagi model terapi ini. Memahami masalah kenakalan sebagai masalah terkait keluarga terbukti lebih membantu daripada melihat masalah tersebut sebagai masalah individual.
Dari sejarah perkembangan metode ini, kontribusi utama dari Wiltwyck adalah menfasilitasi dan memberikan lingkungan yang mendukung. Dari tempat inilah ditemukannya seorang model yang berasal dari keluarga permisif. Minuchin mengakui bahwa bekerja pada “tanah tak bertuan dari keluarga miskin” tidak dapat diakses oleh bentuk psikoterapi tradisional yang menjamin toleransi psikis. Kemungkinan untuk dapat mengetes model dengan cara cross-section of family yang lebih luas muncul pada tahun 1965 ketika Minuchin ditunjuk sebagai direktur di Philadelphia Child Guidance Clinic.Kesempatan ini digunakan untuk menerapkan pendekatan struktural dalam upaya mengobati masalah kesehatan mental sekaligus untuk menarik para pemikir untuk membuahkan pilar baru bagi terapi keluarga. Saat itu pula Braulio Montalvo juga pindah ke New York dan jay Haley dipanggil oleh West Coast.
Selama Minuchin melanjutkan tugasnya di Philadelphia, data klinis dan penelitian yang datang dari berbagai terappi keluarga yang telah disaring terus bertambah sampai pada titik dimana teori alternatif menjadi mungkin. Dorongan untuk melihat perilaku secara sistematik terus tumbuh, dan perubahan perilaku harus membedakan dirinya dari upaya untuk menyerap dinamika keluarga menjadi bagian dari pendekatan psikoanalisis (Minuchin, 1969). Pada rumusan awal, Minuchin hampir melengkapi keseluruhannya.
Suatu ketika sebuah kondisi di Child Guidance Clinic membawa Minuchin kepada masalah psikosomatis. Masalah ini dilihat memiliki banyak kesamaan dengan masalah kenakalan di Wiltwyck. Dan sekali lagi para terapis harus bekerja dibawah tekanan waktu. Ada seorang pasien yang akan merusak model terapi Minuchin di awal adalah para pasien anak-anak yang terkena diabetes. Kondisi kesehatan mereka tidak dapat dijelaskan secara medis dn tidak memberikan respon pada psikoterapi individual yang dilaksanakan secara klasikal, dimana lebih menitikberatkan pada meningkatkan kemampuan pasien untuk menghadapi stress yang dihadapinya. Namun ketika stress tersebut dapat dimengerti dan diberikan perlakuakn sesuai konteks keluarga, masalah tersebut dapat diselesaikan (Baker, Minuchin, Milman, Liebman & Todd, 1975). Tim Minuchin mengumpulkan bukti data klinis dan penelitian yang menyatakan tentang hubungan antara karakteristik keluarga tertentu dengan kerentanan ekstrem yang terjadi pada kelompok pasian ini.
Selama awal 1970an, klinik Philadelphia telah dikenal sebagai pusat pelatihan untuk terapis keluarga, dan minuchin meneruskan penekitiannya mengenai psikosomatis. Kemudian ia mengajak Bernice Rosman, partner saat bekerja di Wiltwyck unntuk bergabung dengan proyeknya dan menjabat menjadi direktur penelitian. Minuchin, Rosman dan Baker, seorang dokter spesialis anak, menjadi tim inti yang mengabdikan diri dan saat puncaknya menerbitkan “Psuchosomatic Families”.
Pada tahun 1972, Minuchin menerbitkan formulasi sistematis pertamanya pada sebuah artikel yang berjudul Structural Family Therapy (Minuchin, 1972). Selama masa itu, kasus-kasus klinis membuahkan hasil yang mendukung jauh melampaui masalah psikosomatis. Dibawah kepemimpinan Minuchin, teknik dan konsep dari Terapi Struktural Keluarga dapat dilakukan pada kasus fobia, kasus kabur dari rumah pada remaja, ketergantungan obat-obatan, dan masalah-masalah lain terkait dengan remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel

Peran Psikologi dalam Investigasi Kasus Hukum di Indonesia

Peran Psikologi dalam Investigasi Kasus Hukum di Indonesia Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa/psikis manusia, sehingga ...

Artikel Populer