Keakuratan Media Massa sebagai Penyalur Informasi dan Peran aktif Media Massa dalam Masyarakat


Keakuratan Media Massa sebagai Penyalur Informasi dan Peran aktif  Media Massa dalam Masyarakat
Kebenaran adalah sesuatu hal yang terlintas dalam pikiran manusia sebagai informasi untuk membuka mata.  Bencana, kekuasaan, perdagangan, dan berbagai jenis berita lain diburu oleh media massa mulai dari cetak sampai elektronik, dari yang paling sederhana hingga yang paling mutakhir. Beragam informasi mengalir bak aliran sungai Code yang membelah kota Yogyakarta. Sebenarnya seperti apa sosok media massa  yang baik di mata masyarakat? Apakah media massa saat ini sudah cukup baik dalam fungsinya sebagai penyampai informasi? Yang tentunya harus fakta dan valid.
Media massa memiliki kiprah tersendiri dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Bisa dibayangkan andai informasi di dunia ini hanya tersebar dari mulut ke mulut, maka ketika terjadi bencana alam yang besar akan mengakibatkan jatuhnya banyak korban. Kita ambil contoh, ketika Merapi mulai mengeluarkan awan panas dan lahar dinginnya, kita yang tidak berada di radius bahaya bencana Merapi tidak akan tanggap dengan kerisauan saudara-saudara kita yang tempat tinggalnya terjangkau oleh awan panas Merapi. Itu hanyalah salah satu contoh betapa penting peran media massa dalam menyebarkan informasi, sehingga kita semua tanggap akan situasi yang terjadi di sekeliling kita. Dengan adanya informasi tersebut, kita dapat mengambil sebuah tindakan konkrit sebagai seorang Sosio-Humaniora.
Akan tetapi, informasi yang disampaikan terkadang terlalu sering dan bahkan terlalu berlebihan yang menimbulkan keresahan dan mengganggu  psikologis masyarakat. Salah satu contoh nyata kesimpangsiuran berita yaitu pemberitaan tentang efek awan panas yang ditimbulkan oleh gunung Merapi dalam sebuah program acara di salah satu stasiun televisi swasta. Dalam acara tersebut disebutkan bahwa radius bahaya bencana Merapi akan mencapai Keraton Yogyakarta. Dengan adanya berita tersebut, masyarakat di Yogyakarta menjadi panik dan kebingungan. Secara tidak langsung itu mengganggu kondisi psikologis mereka. Pada kenyataannya, apa yang diinformasikan oleh acara tersebut tidak terbukti sampai saat ini. Sangat tidak professional ketika media massa yang seharusnya memberi ketenangan pada masyarakat supaya keadaan membaik, malah menyebarkan pemberitaan yang tidak akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel

Peran Psikologi dalam Investigasi Kasus Hukum di Indonesia

Peran Psikologi dalam Investigasi Kasus Hukum di Indonesia Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa/psikis manusia, sehingga ...

Artikel Populer