Kepercayaan Masyarakat terhadap Media Massa.


Kepercayaan Masyarakat terhadap Media Massa.
Masyarakat kini memperoleh informasi dari berbagai media massa, mulai dari Koran, majalah, radio, televise, hingga internet. Dari berbagai sumber media massa tersebut masyarakat mempunyai tingkat kepercayaan yang berbeda – beda. Dari semua media massa yang ada, media yang paling bisa dipercaya tentunya adalah media yang menampilkan informasi yang berupa fakta dilapangan. Masyarakat harus pandai memilih media massa mana yang dapat dipercaya informasinya. Tingkat kebenaran media massa saat ini turut dipengaruhi oleh perkembangan informasi dan teknologi.
Media massa sekarang juga bisa dipercaya tingkat kebenarannya jika informasi yang disampaikan disertai dengan objek fisik. Jika terkait dengan objek perorangan apalagi seorang artis, tingkat kebenaran informasi sulit untuk dipercayai. Hal itu terjadi karena dalam pemberitaan tentang perorangan bisa merupakan opini dari media massa yang meliput berita tersebut. Beda halnya bila informasi yang disampaikan berupa fenomena alam, informasi yang disampaikan harus benar – benar fakta. Jika informasi yang disampaikan tidak berupa fakta dikhawatirkan akan mempengaruhi masyarakat luas.  

Media Massa yang baik.
Media massa yang baik adalah media massa yang memberikan informasi sejelas – jelasnya dan sebenar – benarnya kepada masyarakat. Tidak melanggar kode etik yang telah ditetapkan. Mampu bertindak sebagai pengawal dalam berbagai hal misalnya, mengawal Pemilu yang jurdil. Memberikan berita yang up date dan efisien, tidak monoton.
Sebagai penerima informasi, kiranya kita semua harus bisa memilih mana media massa yang benar – benar baik untuk kita petik informasinya. Tidak sekedar percaya pada media massa tersebut, tapi harus teliti dalam memahaminya. Semoga media massa di Indonesia khususnya dapat menjalankan perannya dengan baik dan benar untuk kemajuan bangsa dan negara.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel

Peran Psikologi dalam Investigasi Kasus Hukum di Indonesia

Peran Psikologi dalam Investigasi Kasus Hukum di Indonesia Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa/psikis manusia, sehingga ...

Artikel Populer