Peran Media Massa dalam Kehidupan Masyarakat.


Peran Media Massa dalam Kehidupan Masyarakat.
Dalam kehidupan sehari – hari, perilaku masyarakat kita sangat dipengaruhi oleh media massa. Salah satu contoh, kita lihat berita akhir – akhir ini mengenai sepak terjang timnas sepak bola Indonesia. Berita itu bisa dibilang sangat mempengaruhi perilaku masyarakat dari segala umur. Sebagai contoh pengaruhnya bisa kita lihat di dunia maya. Banyak orang yang membicarakan tentang penampilan para pemain Timnas, yang paling menonjol adalah 2 sosok pemain naturalisasi yang bernama Irfan Harris Bachdim dan Cristian Gonzalez. Dengan adanya contoh ini, menggambarkan salah satu bentuk sikap masyarakat terhadap pemberitaan oleh media massa.
Media massa sebenarnya merupakan salah satu saluran untuk berkomunikasi, terutama dengan munculnya berita – berita yang hangat dimasyarakat luas. Media massa berfungsi sebagai penghubung antara apa yang terjadi dimasyarakat dengan lingkungan disekitarnya. Selain itu, media massa juga berperan penting dalam pengawalan hukum yang ada di Indonesia. Peran media massa dalam mengawasi kinerja penegak hukum dirasakan sangat penting. Apalagi pada masa kebebasan pers sekarang ini, peran media massa membawa pengaruh positif, terutama menyangkut pemberitaan hajat hidup orang banyak. Untuk itu, masyarakat perlu mengawal media massa agar dapat mengawasi penegakan hukum di Indonesia.
Perkembangan media massa bagi manusia sempat menumbuhkan perdebatan panjang tentang makna dan dampak media massa pada perkembangan masyarakat.  Dalam perkembangan teori komunikasi massa, konsep masyarakat massa mendapat relasi kuat dengan produk budaya massa yang pada akhirnya akan mempengaruhi bagaimana proses komunikasi dalam konteks masyarakat massa membentuk dan dibentuk oleh budaya massa yang ada.  Media massa berperan untuk membentuk keragaman budaya yang dihasilkan sebagai salah satu akibat pengaruh media terhadap sistem nilai, pikir dan tindakan manusia.
Dampak media massa dalam sebuah masyarakat membuat persepsi baru bahwa media massa, masyarakat, budaya massa dan budaya tinggi secara simultan saling berhubungan satu sama lain. Tentu saja perubahan makna sosial tersebut juga dipengaruhi oleh perkembangan sosial baru dalam era modernisasi saat ini.
Perkembangan media sampai pada satuan kecil masyarakat membuat kita harus membuat sikap baru dan lebih kompleks terhadap terminologi - terminologi sosial tradisional yang diyakini oleh masyarakat. Perkembangan media massa baru seperti televisi sempat mengubah persepsi sosial masyarakat karena pengaruhnya yang sedemikian dahsyat. Bahkan dapat dikatakan bahwa televisi mampu menjadi sentra kehidupan sosial meski tidak menutup kemungkinan bahwa media cetak juga tetap mempunyai kekuatan yang cukup signifikan dalam masyarakat.
Media massa meng-up date pengetahuan dan pemahaman manusia tentang lingkungan sekitarnya. Selain itu juga berperan untuk menginterpretasikan dan mengkorelasikan seluruh pengetahuan atau hal yang diketahui oleh manusia. Tapi intinya, media massa berfungsi untuk menghibur masyarakat luas. Masyarakat cenderung untuk melihat dan memahami peristiwa atau pengalamannya sebagai sebuah hiburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel

Peran Psikologi dalam Investigasi Kasus Hukum di Indonesia

Peran Psikologi dalam Investigasi Kasus Hukum di Indonesia Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa/psikis manusia, sehingga ...

Artikel Populer