Kondisi wilayah pesisir pantai dan potensinya

Kondisi wilayah pesisir pantai dan potensinya
“Pesisir adalah wilayah yang unik, karena dalam konteks bentang alam, wilayah pesisir merupakan tempat bertemunya daratan dan lautan (Kay, 1999)“. “Wilayah pesisir merupakan wilayah yang penting ditinjau dari berbagai sudut pandang perencanaan dan pengelolaan. Transisi antara daratan dan lautan di wilayah pesisir telah membentuk ekosistem yang beragam dan sangat produktif serta memberikan nilai ekonomi yang luar biasa terhadap manusia (Rokhimin, 1999)”.
“Wilayah pesisir merupakan sumber daya yang potensial, merupakan suatu wilayah peralihan antara daratan dan lautan. Sumber daya ini sangat besar yang  didukung  oleh adanya garis pantai sepanjang sekitar 81.000 km  (Tarumingkeng, 2001)”. “Garis pantai yang panjang ini menyimpan potensi kekayaan sumber alam  yang besar. Potensi itu diantaranya potensi hayati dan non hayati. Potensi hayati misalnya: perikanan, hutan mangrove, dan terumbu karang, sedangkan potensi nonhayati misalnya: mineral dan bahan tambang serta pariwisata. Ada lagi potensi yang perlu dikembangkan di wilayah pesisir pantai yang masih belum diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat pesisir pantai, justru apabila dimanfaatkan dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menghasilkan manfaat yang luar biasa, adalah lahan pasir pantai yang dimanfaatkan sebagai ladang pertanian (Rokhimin, 1999)”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel

Peran Psikologi dalam Investigasi Kasus Hukum di Indonesia

Peran Psikologi dalam Investigasi Kasus Hukum di Indonesia Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa/psikis manusia, sehingga ...

Artikel Populer