Teori
Psikologi ADHD
Bruno Bettelheim (1973), mengemukakan
teori diathesis-stres mengenai ADHD, yaitu hiperaktifitas terjadi bila suatu
predisposisi terhadap gangguan dipasangkan dengan pola asuh orang tua yang
otoritarian. Pembelajaran juga dapat berperan dalam ADHD, seperti yang
dikemukakan Ross dan Ross (1982), hiperaktivitas dapat merupakan peniruan
perilaku orang tua dan saudara-saudara kandung. Dalam hubungan orang tua-anak
sangat kurang bersifat dua arah dan lebih mungkin merupakan “rantai asosiasi
kompleks” (Hinshaw dkk, 1997). Seperti halnya orang tua anak yang hiperaktif
mungkin memberi lebih banyak perintah dan memiliki interaksi negatif dengan mereka
(a.l.,Anderson, Hinshaw, & Simmel, 1994; Heller dkk, 1996), demikian juga
anak-anak hiperaktivitas diketahui kurang patuh dan memiliki interaksi yang
lebih negative dengna orang tua mereka (Barkley, Karlsson & Pollar;
Tallmadge & Barkley, 1983).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar